ANTUSIASME ANAK ANAK TKIT SHOLAHUDDIN AL AYYUBI DALAM MENCINTAI KEARIPAN LOKAL

Warta Insun Medal

Aef Sunarya – Jusyan Media

 

ANTUSIASME ANAK ANAK TKIT SHOLAHUDDIN AL AYYUBI DALAM MENCINTAI KEARIPAN LOKAL.

TKIT Sholahuddin Al Ayyubi melaksanakan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila ( P5). Dengan Tema yang diangkat kali ini adalah Aku Cinta Indonesia dengan subtema Sumedang Puseur Budaya Sunda. Sebagai sekolah yang bertempat di daerah kaya akan budaya, maka budaya atau kearifan lokal yang dimiliki perlu dijaga dan dilestarikan agar nilai keasliannya tetap ada.

Anak-anak TKIT Sholahuddin Al Ayyubi sangat Antusias dan senang mengikuti kegiatan ini bersama para guru mengenalkan budaya Sumedang secara khususnya dan Sunda pada umumnya agar mereka mengetahui adat dan budaya Sunda itu sendiri sebagai bagian melestarikan kearifan lokal.

Selain itu juga Pameran hasil karya anak anak TKIT Salahuddin Al Ayubi ditampilkan di depan galeri sekolah.berbagai kaulinan tradisional juga diperagakan diantaranya, Angklung, Enggrang, Bakiak, dan lainya.Beberapa makanan khas Sunda juga diperagakan kepada anak anak TKIT Sholahuddin Al Ayyubi antara lain, surabi, Tahu, lobi lobi dan lain lain. Bahan yang sudah dipersiapkan para guru nampaknya membuat anak-anak bersemangat. Proyek ini menjadi awal yang baik untuk menghidupkan kembali kearifan lokal yang sudah mulai hilang dan kurang diminati oleh generasi muda.

Kepala TKIT Sholahuddin Al Ayyubi, Ela Kurnia, S PD mengatakan bahwa sangat diharapkan agar proyek seperti ini tetap ada sehingga kita dapat kembali menjaga nilai-nilai luhur budaya warisan.

“Anak-anak harus kita kenalkan dengan adat serta seni tradisi serta makanan khas sunda. Bersamaan dengan program sekolah penggerak, kami coba menghidupkan kembali nilai luhur tersebut dalam modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila,” tutur Ela, Selasa (4/10/2022).

“Para peserta didik diharapkan mampu berliterasi terkait sejarah, asal-usul, dan tata Krama serta menghasilkan kualitas hidup yang bagus. Kegiatan seperti ini akan dilakukan dengan baik dan efektif. Salam bergerak,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *