Bangunan SDN Pasirwareng mengkhawtirkan,butuh perbaikan

Warta Insun Medal

Suhaya Hidayat – Jusyan Media

 

Bangunan SDN Pasirwareng mengkhawtirkan,butuh perbaikan

Sumedang, Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri ( SDN) Pasirwareng Kec.Surian kondisinya sudah sangat menghawatirkan,pasalnya dari pantauan dilapangan,kondisi bangunan tersebut sudah banyak yang rusak,mulai dari atap bangunan sekolah,keramik lantai kelas,kusen,plapon,pintu,dan sebagian bangunan tembok sudah mengalami keretakan dan kusam,mulai dari muka sekolah hingga belakang bangunan sekolah.Jumat.23/9/2022.

Disampaikan guru Enang Rohman mengatakan,kondsi sekolah Dasar ( SD ),Pasirwareng untuk kondisi kerusakan bangunan sekolah sudah menghawatirkan,dan diperkirakan kerusakan bangunan sekolah sudah mencapai 50%.dan kalau tidak cepat segera dipebaiki lambat laun kerusakan akan bertambah parah.tuturnya.

Dikatakan dia,Bangunan sekolah SD Pasirwareng sudah lama belum mendapatkan bantuan renovasi kembali, kurang lebih hampir 10 tahun.pantas saja kalau kondisi sekolah SDN Pasirwareng seperti ini kondisinya.

” Dan,yang menjadi kehawatiran bagi para guru disini takut ada material bangunan yang jatuh,dan menimpah kepada anak anak,karena yang namanya sekolah itu bangunannya harus bagus, nyaman,aman.sehingga belajar mengajar disekolah menjadi nyaman aman.tuturnya.

Kata dia,kami berharap kepada pemerintah dan Dinas pendidikan,agar secepatnya adanya perbaikan,mengingat kondisi bangunan sekolah,dudah cukup parah,demi keselamatan anak anak didik disekolah.pungkasnya.

Sementara disampaikan kepala seksi ( pungsional ) sarana prasrana SD pada Dinas pendidikan Sumedang, Masdar mengatakan,untuk kondisi bangunan sekolah Dasar ( SD ) pasirwareng,sebenarnya sudah kami pantau bersama stap kami,bahwa yang harus direhab itu memang dari tingkat kerusakannya sudah luar biasa mencapai 50%.tuturnya.

Kata dia,mudah mudahan kalau mau dibangunnya mencapai 50%,berdasarkan dari tingkat kerusakan,dan kalau mau dibangun mencapai 50%,harus berdasarkan dan sesuai dengan data dapodiknya.

” dan kebetulan kami juga,dulu sudah konfirmasi dengan kepala sekolahnya.namun setelah dilihat di dapodiknya tetap saja kalau kita,untuk tahun tahun sekarang ini,harus sesuai dengan Aplikasi,dan kalau misalnya tidak menggunakan aplikasi,ya susah juga.

“Karena sekarang ini,untuk sarana prasarana ( sapras ),masing-masing sudah ada aplikadinya,dan harus melalui dapodik sapras.dan kalau mau semua usulan agar dapat direhab semuanya,harus melalui dana alokasi khusus ( DAK ),dengan catatan usulannya dari sekolah melalui operator sekolahnya.tuturnya.

Dikatakan dia,sebenarnya kami juga ngeri / khawatir,kalau melihat dari kondisi sekolah itu,yang seharusnya cepat direhab,namun semua itu,harus tetap melalui aplikasi.dan kalau tidak di usulkan dari sekolah,kami juga tidak bisa untuk mengusulkan melalui DAK.tuturnya.

Menyinggung terkait sudah pernah di usulkan dari sekolah SD Pasirwareng,dia juga mrngakui sudah menerima usulan rehab sekolah secara tertulis ( manual ),namun setelah diilihat secara aplikasinya,ternyata belum masuk.

Dan kami juga insya alloh,akan membantu nanti didapodiknya,dan kami juga akan memanggil kembali pada waktu finalisasi,apakah SD Pasirwareng bisa mendapatkan bantuan secara aplikasi nantinya,diantara bulan Nopember dan Desember tuturnya.( Suhaya Hidayat ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *