KOMUNITAS PELUNG MANIA SUMEDANG GELAR KONTES KOKOK AYAM PELUNG SEKALIGUS AJANG SILATURAHMI

Ratusan Peternak sekaligus Pehobi Ayam Pelung dari berbagai daerah hadir dalam Moe Bareng serta Kontes Kokok Ayam Pelung yang diselenggarakan Komunitas Pelung Mania Sumedang dan dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Sumedang, di halaman pusat Pemerintahan Sumedang, Sabtu, 11 Maret 2023.

Bupati Sumedang DR.H.Dony Ahmad Munir, ST.MM hadir membuka acara sekaligus melantik kepengurusan Komunitas Pelung Mania Sumedang periode 2023-2028.

Menurut Bupati Dony, Kontes ini dilakukan untuk melestarikan unggas asli Jawa barat yang sudah lama sekitar 11 tahun tidak digelar di kabupaten Sumedang. Bupati berharap ajang ini dijadikan kegiatan rutin setiap tahunya.

Sementara Ketua Komunitas Pelung Mania Sumedang, Rian Triana menuturkan bahwa Ada tiga kriteria penilaian yang dilakukan dalam perhelatan ayam pelung kali ini diantaranya mulai dari suara, bobot hingga penampilan.

Salah satu Peternak sekaligus Pehobi Ayam Pelung, Herdiansyah mengungkapkan bahwa, Memelihara ayam pelung bukanlah hal yang mudah, para peternak atau pehobi harus disiplin agar kualitas ayam yang dipeliharanya terjaga.

“Harus bener dijaga karena salah memberi makan , suaranya akan jadi berbeda ungkap salah seorang pehobi ayam pelung.jadi ayam pelung itu kita harus tau karakteristik ayam pelungnya cocoknya dikasih makan apa, kalo cocoknya pake pisang ya kita kasih pisang, jadi suaranya keluar,.’ungkapnya.

Moe Bareng serta Kontes Ayam Pelung ini dijadikan para peternak atau pehobi ayam pelung sebagai ajang silaturahmi.
para peternak berharap ajang ini diagendakan setiap tahun untuk lebih mengenalkan Sumedang sebagai salah satu tempat budidaya ayam pelung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *