KOMUNITAS PECINTA KOI SUMEDANG SUKSES GELAR KOI FEST ONE DAY KOI SHOW

Warta Insun Medal

Aef Sunarya – Jusyan Media

 

KOMUNITAS PECINTA KOI SUMEDANG SUKSES GELAR KOI FEST ONE DAY KOI SHOW

 

Gelaran lomba ikan koi terbesar di Sumedang berhasil digelar. ajang ikan Koi dengan tajuk ‘Sumedang Koi Fest One Day Koi Show’ itu berlangsung pada Minggu 4 September 2022 di Halaman Parkiran Plaza Asia Sumedang.

Lomba yang diikuti Ribuan ikan koi dari 1500 pembudidaya seluruh Indonesia ini berlangsung meriah dengan 24 kategori yang dibagi menjadi 5 kelas dengan para peserta yang berhasil mendapatkan trophy piala serta uang pembinaan.

Ajang itu menjadi pembuktian kesuksesan penyelenggara acara sekaligus kepuasan seluruh peserta yang turut berpartisipasi di kontes ikan koi terbesar yang pertama terlaksana di Sumedang ini.

“Bagus sekali, ini show pertama paling besar dan semua peserta hadir dari seluruh kota di indonesia walau kebanyakan titip endling tetapi puas dan senang. Dari peserta pun tidak ada komplain yang berarti. Semoga ajang ini bisa menjadi contoh bagi penyelenggaraan event serupa berikutnya,” kata Firman salah seorang peserta dari Bandung,

Ketua Panitia Sumedang Koi Fest One Day Koi Show Asep Koi Leb mengatakan ajang yang diikuti pegiat dan komunitas pecinta koi ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan Silaturahmi sekaligus mengukur kualitas ikan koi yang dibudidayakan.

Festival tersebut harapannya bisa menjadi barometer awal penyelenggaraan ajang serupa di Sumedang ke depan khususnya dari aspek kebersihan, kualitas tempat, pelayanan peserta dan juri, serta kinerja seluruh panitia.

Asep juga meminta pemerintah daerah setempat memberikan perhatian kepada para pegiat ikan koi mengingat potensi budi daya ikan hias ini bakal mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Kalau bicara bantuan Pemkab Sumedang untuk budi daya ikan konsumtif itu sudah banyak dan nyata. Nah ke depan kami minta perhatian untuk ikan hias juga. Ikan koi satuannya mahal kalau dijual, kalau kita budi daya tentu akan lebih cepat membantu pemulihan ekonomi pemerintah,” katanya.

Wakil Ketua Dewan Kebudayaan Sumedang yang juga Ketua Advokat Sumedang Aris Sandi Bachrum yang hadir mengikuti Ajang ini mengapresiasi penyelenggara Sumedang Koi Fest one day Koi Show atas kontribusi besar di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan perekonomian masyarakat.

Apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, dewan juri, juga peserta. Event seperti ini menjadi tambahan pendapatan daerah khususnya sektor pajak hotel lewat okupansi yang luar biasa selama penyelenggaraan ini,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Sumedang diharapkan mengadakan festival serupa agar masyarakat di daerah itu mengenal lebih dekat jenis ikan yang memiliki bentuk yang indah, warna cerah, mudah beradaptasi, hingga bernilai jual tinggi itu sehingga dapat dibudidayakan secara luas.

 

“Kami dengan para pecinta ikan hias khususnya di wilayah kami ini membutuhkan pembinaan serta pelatihan dan bantuan agar masyarakat kami berkembang secara ekonomi lewat budi daya ikan hias ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *