Aliansi Aingmastak Sumedang,laksanakan syukuran 100 tahun,(satu abad),lingga Sumedang

Suhaya Hidayat/Jusyan Media

*Aliansi Aingmastak Sumedang,laksanakan syukuran 100 tahun,(satu abad),lingga Sumedang.

Sumedang,-Dalam rangka kegiatan memperingati 100 tahun Lingga Sumedang (satu abad),yang jatuh pada tanggal 25 April 2022, dengan Moto,” Melakeun kahadean,nyebarkeun wawangi,”

kegiatan yang dihadiri oleh para seniman dan Budayawan Sumedang
,yang dilaksanakan di alun-alun Sumedang.Senin,25 April 2022.

Dalam acara tersebut, berbagai kegiatan yang dilalsanakan yaitu, pemaparan sejarah lingga Sumedang.

disampaikan ketua kegiatan selaku kasepuhan,Satia Hendara alias Aki petir mengatakan,Kegiatan Hari peringatan 100 tahun,atau satu abad lingga Sumedang, yang jatuh pada tanggal 25 April 2022,ini merupakan sejarah yang harus dan patut kita peringati bersama. tuturnya.

lanjut Aki petir,Dalam peringatan 100 tahun/satu abad Lingga Sumedang,yang sebelumnya pernah diresmikan pada Zaman pemerintah ( Gaverment ), Hindia Belanda yang jatuh pada tanggal 25 April 1922,lalu.

kegiatan Syukuran 100 tahun ( satu abad ) Lingga Sumedang,yang diikuti oleh para seniman,budayawan, dan Lembaga LPKPK Sumedang.dan tergabung dalam aliansi seniman budayawan Sumedang make ajen sapamadegan tangtungan kasajatian ( Aingmastak ).

adapun selain tujuan dari kegiatan ini,yang tergabung dalam kelompok aliansi mastak ini adalah untuk memunculkan kesadaran dan identitas nilai-nilai leluhur yang terus dijaga dan dipelihara oleh kita semua.tuturnya.

adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pemaparan sejarah lingga Sumedang,termasuk menyampaikan dalam mensosialisasi tentang tatanan dan nilai nilai yang luhur secara edukasi dan estetika,yang disampaikan oleh sesepuh dari seniman dan budayawan,sehingga para generasi selanjutnya dapat mengetahuinya. tuturnya.

harapannya kedepan kata aki petir,Sumedang dengan puser budaya sundanya, dapat sesuai dengan ekspektasinya,dan ketika dimunculkan Sumedang puser budaya sunda ( SPBS ),sehingga
Rakyat Sumedang akan lebih damai dan sejahtera,baik sandang,papan,dan panganya.tuturnya.

sementara menurut ketua DPD Sundawani Sumedang, yayan Haris (Yan black) mengatakan,Kegiatan syukuran 100 tahun /satu abad lingga Sumedang,yang dilaksanakan oleh aliansi aingmastak,sangat mendukung,karena ini merupakan wujud kebersamaan para seniman dan budayawan yang tergabung dalam aliansi Aingmastak ini,dalam menjaga nilai seni dan budaya di Sumedang,dan semoga kedepannya kehadiran Sundawani Sumedang dapat berkaloborasi,dan bersinergi dengan para seniman dan budayawan sumedang pada umumnya.tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *