JADI AJANG EDUKASI, EKSPLORASI DAN APRESIASI PASANGGIRI TARI JAIPONG PELAJAR SE-KABUPATEN SUMEDANG DIGELAR

Warta Insun Medal

Aef Sunarya – Jusyan Media

 

JADI AJANG EDUKASI, EKSPLORASI DAN APRESIASI PASANGGIRI TARI JAIPONG PELAJAR SE-KABUPATEN SUMEDANG DIGELAR.

Karang Taruna Himpana Desa Naluk menyelenggarakan Festival Pasanggiri Tari Jaipong kreasi Pelajar se- Kabupaten Sumedang Sabtu- Minggu, 5-6 November 2022.

Sejumlah para penari tunggal maupun rampak meramaikan Festival Pasanggiri Tari Jaipong kreasi Pelajar se- Kabupaten Sumedang yang digelar 2 hari di lapangan Gor desa Naluk tersebut.

Ketua Karang Taruna Himpana, Taryana Nugraha menyebut Pasanggiri jaipong bakal menjadi agenda rutin kebudayaan yang bertujuan sebagai wadah eksplorasi, edukasi, dan apresiasi terhadap seni tari leluhur warisan budaya sunda.

Sementara itu, Camat Kecamatan Cimalaka, Taufik Hidayat Slamet menuturkan bahwa, Sampai saat ini, tari jaipong terus berkembang dan secara tren menujukkan peningkatan yang cukup signifikan khususnya perkembangan seni tari jaipong di Kabupaten Sumedang. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya sanggar-sanggar tari yang muncul dan tumbuh di Kabupaten Sumedang.

Ditempat yang sama Kabid Kebudayaan olahraga dan pendidikan,pada Disparbudpora Kabupaten Sumedang, Moch Budi Akbar mengatakan kegiatan pasanggiri jaipong ini merupakan seni sunda, jati diri orang sunda yang harus dikembangkan kembali khususnya di Kabupaten Sumedang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Sumedang yaitu untuk mewujudkan “Sumedang Puseur Budaya Sunda,”.

Ia berharap dukungan dari Pemerintah Daerah dapat menjadi modal dalam menjaga seni budaya tradisional, selain dari kalangan seniman, lembaga, dan pendidikan pun dinilai memiliki peran penting dalam menjaga dan mengembangkan kesenian tradisional.

“Di sisi lain PT Kalbe dengan produknya Hi-C 1000 serta Hidro coco turut berkomitmen melestarikan kebudayaan dan mengangkat kesenian dan budaya sunda. Sehingga dengan bekerja sama menggelar Pasanggiri Tari Jaipong Kreasi Pelajar se- Kabupaten Sumedang merupakan wujud untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya Jawa Barat khususnya budaya sunda”.Ungkap Hasan Safi’i dari Tim PT Kalbe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *