TEKAN ANGKA PENGANGGURAN PEMKAB CIREBON GALAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS SERTA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA

Warta Insun Medal

Aef Sunarya – Jusyan Media

 

TEKAN ANGKA PENGANGGURAN PEMKAB CIREBON GALAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS SERTA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA

Untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Cirebon, Pemkab Cirebon melalui Dinas Tenaga Kerja mengadakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Produktivitas Tenaga Kerja tahun 2022 di gedung BLK Kecamatan Plumbon, Kamis (6/10/2022).

Ratusan angkatan kerja peserta dari berbagai wilayah di Kabupaten Cirebon mengikuti kegiatan ini, Bupati Kabupaten Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan para anak muda Kabupaten Cirebon untuk bersaing di dunia kerja.

Menurutnya, dengan pelatihan ini setidaknya para anak muda mempunyai keterampilan yang mumpuni.

“Hari ini, saya membuka pelatihan kerja peningkatan kualitas dan produktivitas bagi warga Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini untuk memberi keahlian agar anak-anak muda kita siap kerja atau bisa berwirausaha,” kata Bupati Cirebon, H. Imron.

Imron menambahkan, Kabupaten Cirebon termasuk daerah yang banyak berdiri pabrik-pabrik. Wilayah timur Kabupaten Cirebon, bahkan sudah masuk zona industri.

“Artinya, banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Maka, pemerintah daerah melalui dinas terkait terus mengadakan kegiatan pelatihan-pelatihan berbagai keterampilan. Perusahaan-perusahaan juga wajib mengakomodir warga di sekitar lokasi usaha untuk menjadi tenaga kerja. Jadi, utamakan warga Kabupaten Cirebon untuk dijadikan tenaga kerja. Nah, untuk kebutuhan itu kita siapkan tenaga kerja yang punya keterampilan,” lanjutnya.

Sementara Kepala Disnaker Kabupaten Cirebon, Novi Hendrianto menambahkan, pihaknya tidak hanya mengadakan pelatihan kerja secara mandiri yang dibiayai APBD, tetapi juga mendorong perusahaan-perusahaan untuk menggelar pembekalan keterampilan.

Sinergitas antara Disnaker dan perusahaan-perusahaan dalam mencetak tenaga kerja berkualitas, tambahnya, sudah dilakukan sejak lama.

“Perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tentu memiliki kriteria-kriteria yang berbeda. Kami ingin perusahaan juga menggelar pelatihan keterampilan sesuai yang diinginkan dengan peserta warga Kabupaten Cirebon, khususnya di sekitar lokasi usaha. Jadi, warga sekitar bisa bekerja dengan keterampilan yang telah dibekali. Sinergitas ini harus terjalin dengan baik untuk kebaikan bersama,” tandasnya.

Dengan dukungan warga sekitar yang menjadi tenaga kerja, perusahaan ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dekat lokasi usaha.

“Kearifan lokal harus diutamakan, apalagi sudah ada peraturan daerah (perda). Kami yakin perusahaan juga akan terbantu dalam mengembangkan usaha atas dukungan tenaga kerja dari warga sekitar,” imbuhnya

Di tempat yang sama, Kepala Balai Pelatihan Kerja Kabupaten Cirebon, Hj.Iis Yusandriani menginginkan para peserta bisa menjadi tenaga yang kompeten dan mempunyai keahlian yang bisa diandalkan.

Iis mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *