INVENTARISIR KESIAPAN FASILITAS , KADISHUB, BERSAMA BPTP JABAR DAN KADIS PUTR SERTA SATLANTAS POLRES SUMEDANG CEK JALUR MUDIK LEBARAN 2022

Warta Insun Medal

Aef Sunarya – Jusyan Media

 

INVENTARISIR KESIAPAN FASILITAS , KADISHUB, BERSAMA BPTP JABAR DAN KADIS PUTR SERTA SATLANTAS POLRES SUMEDANG CEK JALUR MUDIK LEBARAN 2022

Menjelang Arus Mudik Tahun 2022 Jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, bersama BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat), Wilayah IX Jawa Barat, Dinas PUTR Serta Satlantas Polres Sumedang melaksanakan pengecekan jalur dalam rangka persiapan pengamanan arus mudik Lebaran tahun 2022, pada Selasa,(19/04/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Tono Suhartono beserta jajaran BPTD ( Balai Pengelola Transportasi Darat) wilayah IX Jawa Barat, yang didampingi oleh Kepala Dinas PUTR Deni Rifdriana, dengan dikawal pihak CKJT (Citra Karya Jabar Tol) serta satlantas polres Sumedang.

Kadis Perhubungan Tono Suhartono menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk kesiapan menjelang pengamanan Arus Mudik Lebaran tahun 2022 sebagai dasar penentuan cara bertindak serta upaya yang akan dilakukan apabila terjadi kepadatan pada Arus Mudik nanti.

“hari ini kami bersama melaksanakan pengecekan jalur-jalur rawan kemacetan pada saat Arus Mudik Lebaran, dimulai dari peninjauan langsung Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2-3 (Pamulihan-Sumedang-Cimalaka) yang rencananya akan dijadikan jalur alternatif apabila terjadi kemacetan di jalur protokol.” Ucapnya.

“selain itu kami juga melakukan peninjauan Jalan Amblas Cireki Kecamatan Tomo dimana pada saat ini jalan tersebut masih dalam perbaikan dan diharapkan akan selesai sebelum puncak arus Mudik lebaran 2022 ini”.

“kami juga melakukan monitoring jalur alternatif dari Cijelag- Cikamurang di perbatasan Kabupaten Indramayu menuju tol Cikedung yang mengalami kerusakan akibat dari banyaknya kendaraan proyek strategis nasional bendungan Cipanas yang mengangkut material di wilayah tersebut.

Jalan tersebut merupakan jalan propinsi dan akan menjadi pengurai kerawanan kemacetan pada saat Arus Mudik Lebaran Kadishub menghimbau masyarakat yang mudik agar senantiasa berhati hati apabila melewati jalur tersebut. Pihaknya tengah menyiapkan pamflet peringatan guna memperingatkan para pengendara untuk lebih berhati hati melewati jalur tersebut.

Sementara Jajaran Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah IX Jawa Barat, Heri mengharapkan kesiapan dalam arus mudik dari pada pengelola CKJT (citra karya Jabar Tol) agar menyiapkan faskes serta rest area beserta fasilitas pendukung lainya guna kenyamanan dan keamanan para pemudik.

“Harapannya CKJT untuk memenuhi persyaratan arus mudik angkutan lebaran ini adalah mulai dari kesiapan Faskes, Rest area serta sarana penunjang lainya guna keselamatan para pemudik”ungkapnya

Sementara Kepala Dinas PUTR Kabupaten Sumedang, Deni Rifdriana disela sela monitoring tersebut menuturkan bahwa, “setelah bersama sama kami memonitor jalur alternatif jalur tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 yang akan dipergunakan jika terjadi penumpukan kendaraan.

Menurutnya untuk jalur dari Sumedang – Cimalaka sudah relatif baik dan siap untuk dilalui meski demikian jalur Sumedang – Pamulihan masih terdapat beberapa titik yang harus diwaspadai karena rawan longsor akan tetapi pihak CKJT menjamin H-7 jalur akan siap untuk digunakan dengan segala fasilitas pendukungnya.

Menanggapi jalan Amblas di daerah cireki kecamatan Tomo dan jalur Alternatif Cijelag – Cikamurang Kadis PUTR menyebut, ada sekitar 650 meter jalan yang rusak parah akan tetapi dikarenakan ini merupakan jalan provinsi maka ia akan berkonsultasi dengan pihak provinsi Jawa barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *