JEMBATAN PENIGGALAN ZAMAN BELANDA (1936),DI DESA SUKAMANTRI MASIH KOKOH

SUHAYA HIDAYAT/JUSYAN MEDIA.

*JEMBATAN PENIGGALAN ZAMAN BELANDA (1936),DI DESA SUKAMANTRI MASIH KOKOH.

SUMEDANG,-Pantauan,Sejarah Jembatan Peninggalan Belanda tahun 1936 masih berdiri kokoh di Kecamatan Tanjungkerta,Kab Sumedang.

Dsampaikan salah satu warga sebut saja Dendih mengatakan, Tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa banyak sekali bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda di Kabupaten Sumedang.
Salah satunya adalah jembatan yang terletak di Desa Sukamantri,Kecamatan Tanjungkerta yang saat ini dioperasikan sebagai jalan utama transportasi untuk menyebrangi aliran Sungai yang melewati desa tersebut.

” Infrastruktur sangat kental khas Belanda zaman dulu, sangat terlihat dari desain jembatan yang ditopang oleh fondasi setengah melengkung di kedua ujungnya,mirip seperti jembatan Cincin yang terletak di Jatinangor.Meski ukurannya tidak terlalu panjang,tetapi jembatan ini tentunya sangat membantu mobilitas warga yang sering melakukan aktivitas.tuturnya.Selasa.8/2.

Kata dia,Saat ini, jembatan dikelola pihak desa sukamantri dan aset penting untuk sarana infastruktur transportasi desa. Walaupun banyak tanaman merambat di sekelilingnya, menambah pesona jembatan zaman dahulu,masih terlihat dengan jelas dan tidak rusak oleh zaman.pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *