Lingkungan Babakan hurip Rt.03/08,Kelurahan Kota Kaler terima bantuan pembangunan Ipal komunal dan MCK

Warta Insun Medal

Suhaya Hidayat – Jusyan Media

 

Lingkungan Babakan hurip Rt.03/08,Kelurahan Kota Kaler terima bantuan pembangunan Ipal komunal dan MCK

Sumedang,- Dalam meehaningkatkan tarap kesehatan bagi warga masyarakat dilingkungan pemukiman dikabupaten Sumedang,pemerintah melalui dinas perkimtan Sumedang,mulalui program lpal sanitasi komunal telah melakukan kegiatan pembangunan ipal sanitasi komunal di beberapa wilayah / kecamatan.salah satunya dilingkungan babakan hurip Rt.03/08,kelurahan kota kaler,kec.Sumedang Utara.dengan membangun ipal komunal dan Mck.yang anggarannya melalui dana alokasi khusus ( DAK ).Rabu.27/7/2022.

Disampaikan ketua KSM Didi mengatakan,terimakasih atas bantuan untuk pembangunan Ipal komunal dilingkungan kami,yang selamraa ini sangat diharapkan oleh warga.adapun luas tanah tanah yang akan di bangun seluas 6 bata dengan menggunakan tanah hibah dari salah satu warga.dan untuk dana anggaran yang akan digunakan sebesar Rp.464 juta.tuturnya.

Kata Didi,berharap dengan dibangunnya Ipal komunal dapat bemantafaat bagi warga,dan tetap dijaga dan terpelihara.sementara untuk MCK akan dimanfaatkan oleh 50 kepala keluarga ( KK ).tuturnya.

Sementara disampaikan, Camat Sumedang Utara Asep Aan Dahlan mengatakan, pihaknya Hari ini peletakan Batu pertama untuk pembangunan IPAL komunal atau instalasi pengelolaan air limbah di RT 3 RW 8 lingkungan Babakan Hurip.

Dan ini adalah bentuk pelayanan pemerintah dalam hal ini Pemerintah Daerah pak Bupati memastikan bahwa kesehatan masyarakat tentunya dijamin oleh Pemerintah.

Salah satunya dengan turunnya bantuan program sanimas reguler Tahun 2022 dengan besar anggaran Rp. 464 juta dibagi dua, pertama untuk pembangunan IPAL komunal itu sendiri dan juga pembangunan MCK untuk 50 KK yang ada di RT 3 RW 8.

Yang tentunya masyarakat yang padat penduduk khususnya di RW 8 ini air limbah rumah tangga ini bisa dikelola,dan bisa diolah IPAL komunal ini dan dipastikan air yang keluar dari limbah tersebut ini bisa bening bersih dan tidak berbau.

Sehingga air ini tidak akan menjadi kontaminasi manusia ataupun lingkungan yang ada di wilayah masyarakat bisa hidup sehat.berharap juga kepada warga masyarakat dengan sudah dibangunnya ipal komunal dan Mck,dapat dijaga dan dipelihara dengan baik.tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *