AUDIENSI BUPATI SUMEDANG FORUM INSUN MADANI BERIKAN POLICY BRIEF

Warta Insun Medal

Aef Sunarya – Jusyan Media

 

AUDIENSI BUPATI SUMEDANG FORUM INSUN MADANI BERIKAN POLICY BRIEF

Bupati Sumedang, Dr.H.Dony Ahmad Munir, ST.MM didampingi Kepala Dinas Kesehatan serta OPD terkait lainya menerima PD Aisyiyah Sumedang bersama Learning Forum Insun Madani yang terdiri dari FHI USAID, Lead Parthner (LP),dan Learning Forum(LF) Insun Madani Sumedang pada 30 Mei 2022 di Gedung Negara Sumedang dalam rangka audiensi dan penyerahan Policy Brief tentang Pengelolaan Dana Desa dengan isu tematik stunting dan Madrasah Anggaran serta peningkatan peran perempuan Dalam Pengelolaan Dana Desa.’’

Leaning Forum Insun Madani telah melakukan survei pendapat warga terhadap dana desa dan menginisiasi terbentuknya forum Insun Madani yang peduli terhadap kelompok rentan di desa, serta meningkatkan peran perempuan di dalam perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaan dan evaluasi terhadap dana desa.

Selain itu juga Leaning Forum Insun Madani menyusun policy brief yang disusun oleh Lead Partner dan Learning Forum bersama ‘”.jelas Rizki Fauzi selaku Lead Partner program Madani pada Media.

Rizki menyampaikan mandat Program MADANI untuk meningkatkan kapasitas, legitimasi, dan keberlanjutan organisasi kemasyarakatan, serta mengadvokasi isu tematik yaitu Transparansi Dana Desa yang Pro Inklusi. Program ini juga fokus pada system Collaborative Governance, dimana diharapkan adanya sinergitas antara CSO, Pemerintah Kabupaten Sumedang, private sektor, media dan akademisi.

Menurut Rizki Fauzi, jika melihat proses yang sudah ada antara lain, sudah ada desa piloting, sudah ada forum peduli kelompok rentan di desa, sampai rumusan indikator desa inklusi. Selanjutnya semua proses itu menjadi bahan penyusunan policy brief yang menggambarkan kondisi yang ada dan melahirkan rekomendasi yang penting ditindaklanjuti untuk memastikan bisa berjalan dan berkelanjutan.

Bupati Sumedang mengapresiasi apa yang telah dilakukan PD Aisyiyah beserta Forum Madani Sumedang,

Secara umum Bupati merespon baik rekomendasi dari Policy Brief semua terkait dengan kerja pemerintah, tinggal bagaimana merumuskan strateginya. Menurutnya,Pengalokasian Anggaran Dana Desa untuk Kelompok Rentan sudah dimulai meskipun masih sebatas persuaratan untuk melibatkan anak dan disabilitas.

“Intinya Kami sangat mengapresiasi program ini Insun Madani yang bekerjasama dengan USAID, untuk membantu penanganan stunting di sumedang yang diawali dengan peran perempuanya yang punya kapasitas tentang anggaran dan juga peningkatan kapasitas organisasinya

Kami bersyukur dan berbahagia dan rekomendasinya nanti akan menjadi bahan yang berharga bagi kabupaten Sumedang.”pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *