Sebanyak 450 personil TNI Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301 Prabu Kian Santang (PKS) diberangkatkan ke Provinsi Papua dan Papua Barat

Warta Insun Medal

Dra. Yusantie Mariyam – Jusyan Media

 

Sebanyak 450 personil TNI Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301 Prabu Kian Santang (PKS) diberangkatkan ke Provinsi Papua dan Papua Barat untuk melaksanakan Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini pada dini hari, Kamis (3/3/2022).

Pelepasan Satgas digelar dalam Upacara yang dipimpin oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir selaku Inspektur Upacara di Mako Yonif Raider 301/PKS, Desa Licin Kecamatan Cimalaka, Rabu malam (2/3/2022).

Dalam amanatnya, Bupati mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh personil Satgas yang akan berangkat.

“Atas nama masyarakat Sumedang saya menyampaikan selamat bertugas kepada Yonif 301 dalam rangka melaksanakan tugas di Papua,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, pemerintah dan masyarakat Sumedang berbangga hati memiliki Yonif 301 yang siap sedia untuk terus berjuang, berkorban dan mengabdikan dirinya demi keutuhan Negara  Kesatuan Republik Indonesia.

“Inilah pengabdian kita. Inilah perjuangan kita untuk menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Menurut Bupati, sebagai umat beragama, semua mempunyai kewajiban untuk mencintai dan membela negaranya.

“Bagi yang beragama Islam “hubbul wathon minal iman”, cinta tanah air sebagian dari iman. Tentu juga bagi pemeluk agama yang lain. Oleh karena itu, harus dilaksanakan dengan kesungguhan,” ujarnya.

Disamping itu, Bupati juga mengingatkan bahwa Yonif 301 akan dicatat sebagai bagian dari sejarah dalam pengabdiannya kepada negara Indonesia.

“Nama Yonif 301 tentunya akan dicatat oleh sejarah yang telah menjadi bagian yang menjaga keutuhan bangsa. Itu adalah sebagai kewajiban kita,” ucapnya.

Bupati berpesan kepada 450 personil agar mampu mengemban tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab serta tidak lupa untuk selalu berdoa.

“Laksanakan dengan sebaik – baiknya dengan penuh tanggung jawab dan jangan lupa berdoa kepada Allah, karena Tuhanlah yang menentukan segalanya. Sedangkan kita berkewajiban untuk berusaha,¬† beirikhtiar,” ungkap Bupati

Di akhir sambutannya Bupati Sumedang berharap personil tiba di Papua dengan keadaan sehat, lengkap dan pulang pun dalam keadaan sehat dan lengkap tanpa kekurangan satupun.

“Semoga personil Yonif 301 diberikan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan amanah. Diberikan kesehatan, keselamatan, kemudahan dan kelancaran sehingga tujuan dan target kita berjalan dengan aman dan sukses,” ujarnya.

Turut hadir sebagai undangan, Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra, Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf. Zaenal Mustofa , Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman serta perwakilan kejari Kabupaten Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *